WeW: Pecinta Film Tanpa Genre
Sabtu, 06 Mei 2017

Pecinta Film Tanpa Genre

Setelah keranjingan nonton film setahun belakangan ini, ternyata cuma film-film tertentu doang yang bikin gue seneng.

Ada tiga alasan kenapa gue nonton film:

Karena ada film yang emang dari awal pengen gue tonton.

Karena penasaran dengan film yang ratingnya bagus.

Karena nggak sengaja nonton. -_-

Nonton film yang pengen gue tonton (mau rating bagus apa nggak) kadang nggak sesuai ekspektasi. Ada yang bikin gue seneng. Ada yang bikin gue pengen nagih duit tiket ke mbak kasir bioskop.

Sebenernya gue nggak punya genre khusus untuk ukuran sebuah film.
Cuma ada film yang pasti gue tonton. Film yang bisa dibilang… gue banget, gitu. Temen-temen tahu film apa?


Marvel Cinematic Universe (MCU). Keluaran ‘Marvel Studios’.

Kita tau lah ya. Film marvel itu kaya gimana. Genrenya apa. Karekaternya kaya gimana.

Iya. Superhero.

Dari semua film yang pernah gue tonton, genre superhero adalah genre yang gue suka. Tapi, kayanya gak gitu juga, karena nggak semua film superhero gue suka. Cuma beberapa film superhero tertentu yang bikin gue bilang….’GILAAA… KEREN BANGET FILMNYA’.

Jadi, emang gue suka genre superhero, tapi cuma film dengan elemen tertentu aja yang bikin gue seneng.

Emang ini, sih kuncinya. Gue bakal bilang film itu keren banget atau bagus banget, kalau film itu bisa bikin gue seneng. Jadi sebenernya gue nggak punya genre. Mau genre apa aja asal film itu bikin gue seneng, ya gue nggak nyesel nontonnya.

Gue baru tahu, ternyata gue bukan pecinta film sejati. Tapi gue hanya pecinta 'film yang bikin gue seneng'.

Dan gue pengen ngasih liat nih, film apa aja yang bikin gue seneng dan berkesan pas nontonnya.


MARVEL CINEMATIC UNIVERSE (MCU)

Hampir semua film MCU bisa bikin gue seneng. Aksinya keren, efek visualnya mantap.

Dua film yang paling gue suka dari MCU adalah Captain America The Winter Soldier dan Captain America Civil War.

Sisanya, kaya: Iron Man, Thor, Avengers, sampe Guadianas of The Galaxy yang  baru keluar kemarin juga tetep bikin gue happy nontonnya.

Next movie, Spiderman Homecoming ama Thor Ragnarok siap-siap nonton juga, nih. Gue juga seneng banget karena si Sony yang beli lisensi Spiderman mulai kerja sama sama Marvel. Reboot bartajuk Amazing Spiderman yang “agak” gagal secara finansial maupun kritik mungkin jadi salah satu alasan yang bikin mereka akhirnya kerja sama dengan Marvel. Gue seneng, karena entah kenapa film-film MCU itu selalu menyenangkan untuk ditonton. Gue harap Spiderman yang udah balik ke MCU ini bisa dimanfaatin dengan baik. Tapi pasti lah ya. Gue sih percaya ama Marvel.


LOGAN DAN DEADPOOL

20th Century Fox juga salah satu studio yang beli lisensi beberapa superhero marvel, yaitu X-men ama Fantastic Four. Gue udah ikutin seri film X-men dari yang pertama sampe yang terakhir kemarin X-men Apocalypse, termasuk Logan sih yang pengen gue pisahin aja dari semesta X-men (karena gue banget). Hehehe. Film-film X-men ini nggak terlalu bikin gue happy, kecuali Logan ama Deadpool doang.

Ratingnya emang R-rate, yang bagi sebagian orang bikin jijik atau ngeri ngeliat adegan berdarah-darah yang disajikan. Terutama Deadpool yang lebih parah karena ditambah adegan sensualnya, ya walaupun dipotong sih untuk versi bioskop Indonesia.

Untuk Logan, gue menyoroti cerita yang diangkat disini. Logan bisa dibilang kebanyakan drama daripada aksinya (walapun film superhero). Cuma ada yang membedakan Logan dengan film-film X-men sebelumnya. Totalitas akting aktor utamanya (Hugh Jackman ama Patrick Stewart). Mungkin karena rating nya Restrict, makanya kemampuan akting mereka bener-bener dieksplor. Si pemeran X-23, kalau udah pada nonton juga pasti setuju, kalau nih bocah keren banget aksinya.

Deadpool kenapa gue suka dan bikin gue seneng? Gaya penceritaannya. Kocak. Udah pada nonton kali ya. Kalau belum, gih dah nonton. Recommended lah pokoknya. Tapi inget ratingnya. Yang masih suka galau mikirin mantan jangan nonton deh. Film ini khusus buat yang udah dewasa. #asek


MARTIAL ART

Film-film ini biasanya punya rating biasa aja, 5-7 dari 10 lah. Yang dapet 8 jarang. Film-filmnya Jackie Chan, Jet Li, Donnie Yen, Tony Jaa, Iko Uwais, dll.

Gue sih hepi-hepi aja nonton film kaya gini. Biasanya punya jalan cerita yang sederhana, karena emang lebih mengeksplor seni beladirinya. Cuma tetep sih, ada beberapa elemen yang pasti gue perhatikan, terutama aktornya. Kadang kalau aktonya gak terkenal agak males nontonnya. Huehehe….

Tapi, gue masih bingung. Kira-kira film-film kaya Taken atau Jason Bourne itu masuk Martial Art nggak ya. Berantemnya kaya nggak ada seni-seninya. Mohon maap yak. Tapi ya gitu. Berantemnya asal musuhnya tepar, yuadah. Gerakannya nggak enak diliat. Ya ini pendapat pribadi gue, sih. Menurut temen-temen gimana?


FILM RADIT AMA ERNEST

Gue sering banget diledekin ama temen-temen gue karena suka film-film mereka. Nggak tahu kenapa. Mungkin karena mereka gak suka ama filmnya kali. Cuma menurut gue film-film bikinan mereka bisa bikin gue yang nonton hepi aja, gitu. Ya walaupun kadang jokes-nya garing sih, terutama filmnya Radit. Ngehehehe. Cuma tetep aja seneng ngikutin ceritanya.


FILM LAINNYA

Inimah banyak. Nggak spesifik. Bisa dari dalam mapaun luar negeri. Bisa dari berbagai macam genre. Bisa live action, 3D animation, atau anime. Ya intinya bikin gue seneng. Kaya:

Hackshaw Ridge yang efek suaranya keren abis.

Trilogi Batman Christopher Nolan yang ceritanya keren abis.

Filmnya Naruto (anime) yang nggak bosen-bosen walau sering diputar.

Habibi & Ainun yang bikin gue nangis. -_-

The Conjuring yang bikin takut tapi tetep seneng ngikutin jalan ceritanya.

INTINYA SEMUA FILM YANG BIKIN GUE SENENG ADALAH GENRE GUE.

Gue nggak tahu sama mereka yang suka genre tertentu, apakah akan tetep suka dengan film yang sebenarnya jelek, tapi itu tetep masuk genre yang mereka suka?

Gue juga bingung sama mereka yang menyebut pecinta film itu kriterianya kaya gimana? Apa mereka suka semua film? Apa mereka nonton semua film? Atau mereka nonton film dari berbagai genre? Lalu apa tanggapan mereka terhadap film yang jelek? Apakah mereka tetep suka?

Apakah pecinta film itu mereka yang menonton film tapi nggak pernah ngasih kritik sama film yang mereka tonton?

Atau pecinta film itu mereka yang pas nonton film apapun selalu bilang filmnya bagus?

Ataukah pecinta film itu mereka yang selalu seneng dan antusias saat nonton film, apapun itu genrenya?

Ya itu kali.



Yang jelas sih, aku adalah pecinta kamu. :p

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

WeW