WeW: Gadget Kurang Ajar
Senin, 28 September 2015

Gadget Kurang Ajar


Kalian harus pintar dalam memilih smartphone. Jangan buru-buru membeli smartphone karena menuruti nafsu belaka. Jangan membeli smartphone hanya karena pengen pamer. Jangan membeli smartphone hanya karena tertarik sama promo yang ditawarin. Jangan. Karena kalian akan menyesal setelah membelinya. Kayak gue. -_-

Selasa, 26 April 2015 gue beli HP. Tapi, gue beli HP bukan tertarik karena speknya yang bagus, tapi karena bonus pulsa yang ditawarin. -_-

Awalnya gue berniat membeli HP android. Tapi karena ulah Sales, akhirnya gue gak jadi beli android. Gak tanggung-tanggung, kata si Sales, pulsa yang ditawarin sebesar dua juta rupiah. Cukup menggiurkan untuk mahasiswa kere kayak gue.

Gue pun sukses membeli HP yang dia rekomendasikan. Emang sih, speknya gak bagus-bagus amat, tapi lumayanlah buat nge-game dan shelfie-shelfie-an.

Awalnya, gue kira pulsa dua juta itu langsung ada di HPnya, tapi dugaan gue salah. Ternyata aturannya adalah setiap bulan gue akan di transfer pulsa lima puluh ribu yang berlaku selama 40 bulan ke depan. Jadi, totalnya dua juta. Kalau dipikir-pikir emang lumayan sih, dapet bonus pulsa lima puluh ribu setiap bulan. Tapi, yang gue gak tahu dari HP itu adalah lemotnya dalam ber-internet-ria.

Dari pertama make tuh HP, gue emang udah ngerasain kejanggalan pas ngebuka BBM. Karena… beh...., loadingnya itu loh, lamaaaa… banget. Kayak nungguin jodoh yang gak dateng-dateng.


Terus ngapain lu beli?
Gak usah nanya deh…. Udah terlanjur.

Di jaman sekarang rasanya gak enak banget kalo gak punya paket internet, apalagi gak punya HP. Hidup tanpa internet seperti mandi tanpa sabun. Gak lengkap.

Gak ada internet berarti kita gak bisa nonton video di youtube, gak bisa chatting dan seru-seruan bareng temen , yang lebih parah gak bisa ngestalking akun medsos gebetan. Dan ini terjadi pada HP yang gue punya sekarang. Gue gak tahu apakah jaringannya lemah karena kuota yang gue beli dengan harga 39.900 rupiah atau HPnya aja yang emang sableng.

Untungnya gue punya BOLT 4GLTE yang bisa gue harapkan untuk internetan. Ngebantu banget. Tapi masa iya, tiap kali gue mau internetan gue harus pake BOLT. Masa iya gue cuma ngandelin dia. Masa iya gue membiarkan HP gue tidak memanfaatkan paket internet yang dia punya. Dengan pertimbangan seperti itu gue rela lemot-lemotan bareng tuh HP sampai saat ini.

Selama beberapa bulan gue lemot-lemotan bareng si HP. Gue santai aja ngadepinnya. Tapi, lama-lama kesel juga. Puncaknya hari ini, disaat BOLT gue kuotanya abis, tapi HPnya lemot parah. Malah dia kayak gak merasa kalo dirinya itu seekor HP. Gue nge-whatapps temen gue, kagak nyampe-nyempe. Rasanya gue pengen pendem idup-idup tuh HP. Grrrrr….

Gue perhatikan ada jaringan 3G di HP gue. Jaringan yang mengindikasikan kalau gue bisa interneten. Tapi, anehnya pas gue ngirim pesan via aplikasi chatting nggak bisa terkirim. Setelah gue pikir-pikir mungkin karena gue beli paket internetnya pake pulsa bonus, bukan pulsa utama. Waktu itu, sampe rumah tepat setelah membeli HP, gue baru nyadar kalau ternyata pulsa dua juta itu bukan pulsa utama, tapi pulsa bonus. Apakah gara-gara ini? Jelaskan padaku, wahai HP. Apakah gara-gara ini kau jadi lemot dalam berinternet? Atau emang dari sononya kamu ini tipe HP yang emang diciptakan untuk orang-orang lemot. Iya. Gue salah satunya. -_-

Selain itu, touchscreen layar di HP gue gak suka sama yang basah-basah. Tangan basah lah, tangan keringetan lah, tangan kena iler lah. Disentuh dikit, layarnya jadi gerak-gerak gak beraturan. Sensitif banget.

Yang nyebelin itu kalau lagi ngetik. Tangan gue kan suka keringetan gitu, jadi pas ngetik huruf A, yang keluar di layar malah AASFJAKFHSHSKHFSHS. Layarnya kayak mencetin dirinya sendiri.

Mana tugas kuliah belum kelar. Jaringan HP lemot. Paket BOLT abis. Lagi bokek. Lengkap sudah penderitaan gue.

...........................

Nah, berkaca pada pengalaman tersebut, gue punya tips yang gue dapetin dari penelusuran di mana aja. Ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan sebelum membeli HP biar kejadian itu gak terjadi sama kalian juga. Cekidot.

1.       Memori Internal
Semakin besar memori semakin baik. Semakin besar memori semakin banyak aplikasi yang bisa diinstal. Semakin besar memori semakin banyak data yang bisa disimpan. Semakin besar memori semakin banyak koleksi foto gebetan.

2.       RAM
Nah, buat kalian yang suka buka banyak aplikasi dalam waktu yang bersamaan (multitasking), pilih HP dengan RAM yang gede. Semakin gede RAM-nya semakin lancar proses (loading)-nya.

3.       Prosesor
Kecepatan prosesor berpengaruh terhadap kinerja dan kecepatan HP. Semakin tinggi kecepatannya semakin  baik kinerjanya, sehingga multitasking yang dilakukan juga semakin lancar.

4.       Sesuaikan dengan Kebutuhan
Sesuaikan dengan kebutuhan kalian. Kalau cuma buat sms atau telpon jangan beli Iphone 6. Mending beli Samsung Keystone 2 kayak punya Emak gue. Efektif dan efisien. Hehehe

5.       Display
Display berhubungan dengan ukuran dan kerapatan pixel. Kalau ukuran tergatung selera. Mau 6 inci. Mau 14 inci. Mau 21 inci silahkan aja. Ini mau beli HP apa tipi.
Nah, kalau kerapatan pixel diukur dengan satuan pixel per inch (ppi). Semakin besar ppi semakin tajam dan jernih tampilan layar.

6.       Baterai
Semakin besar kapasitas baterai semakin tahan lama masa hidup HP. Tapi tergantung dari penggunaannya juga. Kalau HP kamu punya kapasitas baterai 4000 MAH, tapi digunain 24 jam nonstop, ya bakal habis juga. Sebaliknya, kalau kapasitas baterai HP kamu cuma 1000 MAH, tapi cuma kamu gunain buat sms sekali doang dalam sehari. Pasti bakal awet banget tuh baterainya.

7.       Desain
Pastikan desain HP sesuai selera. Jangan milih desain yang bikin kamu inget mantan. Misalnya: desain HP bentuk kotak yang mengingatkanmu pada bentuk kepala mantan.
Kalau asal milih desain, resikonya bisa gampang bosen sama penampilan HP sendiri.

8.       Jaringan
Menurut Wikipedia, sesuai perkembangannya maka urutan jaringan pada HP adalah 1G (NMT) à2G (GSM) à 2.5G (GPRS) à 2.75G (EDGE) à 3G (UMTS)à 3.5G (HSPA) à 4G (LTE) à 5G. Jaringan 5G tentu punya kecepatan akses internet paling tinggi. Tapi, sampai saat ini jaringan 4G adalah jaringan dengan kecepatan akses paling tinggi di Indonesia. Cuma belum banyak sih, HP yang menggunakan jaringan 4G.

9.       Merk
Pilih merk yang punya reputasi baik. Yang udah ternama. Yang punya peminat banyak. Tujuannya: biar gampang nyari sparepart, aksesoris, dan tempat servisnya.

10.   Warna
Pilih warna yang menarik. Misalnya: sesuai warna aura kalian. Tapi, kembali pada selera masing-masing.

11.   Garansi
Biasanya setiap HP ada garansinya. Kuncinya: semakin lama tahun garansi yang ditawarkan semakin baik.

12.   Kamera
Ini mungkin bagi yang suka foto-foto atau nonton video. Semakin besar resolusi (megapixel) semakin bagus gambar yang dihasilkan.

13.   Budget
Nah, kalau kita udah nemu HP yang speknya sesuai dengan apa yang kita mau, nggak tau deh kita bakal beli apa nggak.  Kok gitu? Ya, kan tergantung ketentuan Tuhan Yang Maha Esa punya uang atau nggak.
Itu sih yang sebenarnya paling utama. Percuma kan kalau mau beli HP tapi budgetnya nggak ada. Hehe....


Gitu ya guys kalau mau beli HP. Jangan asal milih. Jangan asal beli. Jangan buru-buru. Yang lebih penting jangan beli HP karena bonus pulsa yang ditawarin. -_-


4 komentar:

  1. saya ingin beli hp. semua udah ditentukan, merek, ram, memori , kamera warna ddan desai serta lainnya. no 13 nih yang jadi halangan.

    sebenernya sih yang pnting itu sesuai kebutuhan aja hpnya. menurut sya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup. Bener mbaknya. Sesuaikan dengan kebutuhan. Percuma HP mahal-mahal, tapi buat sms-telpon doang. Tapi bagaimanapun kebutuhannya, yang jelas harus ada budgetnya. Hahaha

      Hapus
  2. emangnya kamu beli apa sih kok lemot gitu?

    BalasHapus

WeW