WeW: Love Rebound: Jago Nyepik = Dapet Pacar
Selasa, 17 November 2015

Love Rebound: Jago Nyepik = Dapet Pacar




Semuanya bukan kembali ke tampang, Nak. Semuanya kembali ke cara nyepik! Ayo belajar nyepik sejak dini.

Begitulah yang akan dikatakan Satria Ramadhan Sofyan di bukunya, ‘Love Rebound’ (tepatnya di kata pengantar), kepada anak-cucu-nya kalau mau ngedapetin cewek.

Bener juga, sih… kayaknya.

***

Dari judul tulisan ini mungkin kawan-kawan udah tahu kalau gue mau nge-review buku pertama Bang Sat, Love Rebound. Sebelum gue ngobrolin jauh tentang Love Rebound, gue mau cerita kenapa gue mau-maunya beli buku dia.

Jadi gini.

Setiap kali gue ke Gramedia, gue hampir selalu ngeliat buku ini. Awalnya gue nggak mau beli karena di cover bukunya ada foto. Dan itu foto Bang Sat, penulisnya. Dan dia ganteng. Ditambah lagi mukanya mirip Afgan. Dan gue nggak suka Afgan. Makanya gue males beli.

Tapi, gara-gara wawancara dia dengan Bukune, gue jadi penasaran sama bukunya. Terakhir gue tahu kalau dia adalah seorang blogger dan content writer di nyunyu.com. Makanya sebelum gue memutuskan untuk membeli bukunya, gue cari tahu dulu blognya. Kebiasaan gue, setiap kali mau beli buku adalah kepo-in penulisnya, (biasanya lewat blog). Dari blog gue akan tahu gimana karakter dan gaya penulisan si Penulis.


Setelah ngetik keyword ‘Bang Sat’ di google yang keluar bukan link blog dia, tapi malah kata vulgar yang nggak pantas diucapkan. Iya…. Gue mengetikkan keyword yang salah.  Gue baru inget kalau nama gantengnya adalah Satria Ramadhan Sofyan.

Begitu ketemu blognya, gue langsung buka. Tampilan-nya ijo-ijo tua, gitu. Sebenernya gue males baca. Tapi, penasaran aja sama judulnya yang kayaknya menarik. Pas gue baca…, lucu juga. Gue ketawa.

Dari sini gue memutuskan untuk membeli bukunya.

Tuh, Bang. Gue nambah royalty lo, nih.

Gue juga nge-follow twitter Bang Sat, karena dia katanya bisa ngasih tips buat jadi selingkuhannya Ratu Inggris. Tapi, dianya sombong, gue nggak di followback. Mungkin lebih tepatnya dia nggak tahu kalau gue salah satu followers-nya. Siapa gue?

***

Sebenernya gue nggak ngerti teknik me-review buku yang baik dan benar. Tapi, yaudah lah ya. Yang penting me-review.

Kita mulai aja.

Judul : Love Rebound

Penulis : Satria Ramadhan Sofyan (sepupunya Satria F)

Penerbit          : Bukune

Harga : Buka website Bukune atau tanya toko buku terdekat.


Sampul (Cover)

Hal pertama yang gue lihat pas beli buku ini adalah sampulnya. Temanya anak muda kekinian, unik, rame, tapi sayang ada foto penulisnya.


Isi (Content)

Secara keseluruhan, gue suka sama isinya. Keren aja, ketika Bang Sat menggabungkan antara teknik-teknik basket dengan urusan percintaan, dan dibalut dengan komedi. Gue suka sama analogi-analogi yang dikasih, seperti passing yang dibaratkan oper baperan, three point yang melambangkan hubungan jarak jauh, atau rebound yang bisa berarti rebutan gebetan.

Dari 10 bab yang Bang Sat kasih, gue paling suka yang bab 8: PASSING & FEELING. Di Bab ini Bang Sat menggambarkan dirinya jadi korban friendzone atau malah teman chat zone. Dia udah berharap bisa menangkap hati si Gebetan layaknya menangkap bola basket, tapi malah berakhir tragis. Si Gebetan bahagia sama pacarnya.

Ada pro dan kontra sih, soalnya Gebetan-nya udah punya cowok. Tapi, gue tahu kalau Bang Sat cuma mau ngeliat Gebetan-nya itu bahagia. Pas dia tahu Gebetan-nya merasa tertekan sama cowoknya, Bang Sat cuma pengen bikin nyaman gebetannya. Dari ceritanya, gue rasa Gebetan-nya juga suka sama Bang Sat, karena dia minta Bang Sat buat telpon lagi setelah ujian. Dia bilang mau menyelesaikan semuanya (mungkin mutusin pacarnya). Dan Bang Sat janji bakal telpon lagi.

Tapi, sayangnya Bang Sat ingkar janji. Dia nggak telpon lagi. Tentu bukan tanpa alasan. Setelah ujian, Bang Sat melihat hubungan Gebetan dan pacarnya membaik. Jadi, dia mikir mending ingkar janji, daripada merebut kebahagiaan orang lain.

Yosh. Pilihan yang tepat, Bang. 

Emang nggak enak kalau suka sama cewek yang udah punya cowok. Rasanya pengen main PlayStation aja daripada ngeliat dia jalan bareng sama cowoknya. Apalagi kalau ngeliat dia bahagia sama cowoknya. Nggak rela aja. Kalau ngeliat mereka, gue selalu mikir, “Coba cowoknya, gue”. *PLAK* ngapa ikut-ikutan.

Oke.

Abaikan.


Yang Bikin Gue Bingung

Gue bingung saat baca bab 4: TERANCAM FOULED OUT. Di bab ini Bang Sat cerita saat dia dirampok sama si Babon. Lelaki sangar yang ngejar-ngejar dia abis latihan basket.
Gue bingung bukan karena Babon yang ngejar-ngejar Bang Sat sambil bawa cangkul, atau karena Babon mencret di celana karena kebanyakan makan sambel. Tapi gue bingung kenapa si Babon dikasih uang.

Bang Sat bisa kabur setelah sebelumnya ketangkep sama Babon. Hingga akhirnya dia minta tolong sama orang bengkel bertato naga di pinggir jalan. Si Babon ngejar Bang Sat dengan alasan sepatbor motornya dirusakin, lalu dia minta ganti rugi 200 ribu. Padahal, setelah Bang Sat lihat, sepatbornya nggak papa.

Nah, dari sini gue bingung kenapa pas Babon minta uang malah Bang Sat kasih. Kenapa Bang Sat nggak bilang ke orang bengkel kalau dia nggak bikin rusak sepatbor motor Babon, toh di bengkel rame. Kenapa Bang Sat nggak bilang kalau cerita si Babon mengada-ngada, dan murni emang mau ngerampok.

Gue masih bingung. Kalau lo baca ini, jelasin ke gue, Bang.


Kekurangan

Masih ada typo yang gue temukan di buku ini. Tepatnya di halaman 16, 49, 59, dan 176. Gue nggak tahu di buku Love Rebound yang lain gimana, tapi di buku yang gue beli, gitu.


Saran

Teruntuk Bang Sat, selaku penulis Love Rebound, gue tunggu karya lo berikutnya, Bang.


Penutup

Wassalamu’alaikum.


1 komentar:

WeW